Senin, 02 September 2019

Tips Supaya Tabulapot Cepat Berbuah


Melihat bunga saja begitu sangat menyenangkan,apalagi melihat begitu banyak buah.
Nah bagaimana sih cara supaya tabulapot itu cepat berbuah ?
Berikut ulasannya.

1. Pastikan pilih jenis tanaman yang sesuai dengan ketinggian tempat di daerah anda
Kita harus mengetahui asal-usul tanaman , sebelum memutuskan untuk menanam suatu bibit tanaman buah dengan teknik pot.
Jangan sampai salah menanam aple dan stroberry yang merupakan tanaman di daerah dingin, ditanam di dataran rendah. Wajar saja tidak mau berbuah??. Tapi pada dasarnya, semua jenis tanaman buah hanya dapat berbunga dan berbuah dengan baik jika ditanam di daerah berketinggian sekitar 400 m dpl.
2. Pastikan pilih bibit tanaman yang unggul
Salah satu kunci sukses adalah memilih bibit yang baik dan unggul. Bibit yang baik tentu akan menghasilkan kualitas dan kuantitas buah yang baik pula. Pilihlah bibit tanaman buah yang jelas asal-usulnya. Artinya, bibit dibeli dari penangkar tanaman yang memiliki reputasi baik dan tentunya terpercaya.
3. Pemilihan media tanam dan pot
Media tanam yang digunakan untuk tanaman buah dalam pot sebaiknya memenuhi syarat minimal, yaitu mengandung tanah sebesar 50%, pasir 20% dan bahan organik 30%.
Dari syarat minimal tadi, bisa diterjermahkan menjadi berbagai macam komposisi bahan dasar sebagai media tanaman buah dalam pot. Bahan dasar untuk media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, pupuk kimiawi dan bahan lain sebagai tambahan.
Pemilihan pot yang tepat menjadi modal awal bagi pertumbuhan tanaman. Pot yang digunakan bisa dipilih dengan memanfaatkan kaleng biskuit bekas, botol bekas air mineral, ember tak terpakai dan lain sebagainya.
Agar menghindari kontaminasi zat kimia, wadah media tanam sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Wadah yang bagus untuk menanam tanaman buah dalam pot, tentu yang memiliki ukuran yang besar, misalnya drum bekas karena mampu menampung seluruh sistem pengakaran tanaman dengan baik.
4. Gunakan Pupuk Biogan
Gunakan pupuk Biogan untuk memberikan nutrisi pada tabulpotkita. Karena pupuk Biogan adalah pupuk yang terbukti bagus untuk tabulapot.
5. Pengendalian hama dan penyakit tanaman
Langkah terakhir, pengendalian hama dan penyakit tanaman. Faktor pengganggu ini jangan sampai menggagalkan panen buah anda. Bayangkan betapa kecewanya hati ini saat mengetahui pertumbuhan tanaman buah terhambat oleh hama dan penyakit. Yang mengecewakan lagi, buah yang siap panen ternyata didalamnya terdapat ulatnya.
Saran
Pada tanaman buah juga dikenal teknik pemangkasan. Tujuannya, untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan produksi buah. Pemangkasan juga mampu menjaga kelembaban tanaman sehingga tak mudah terserang hama dan penyakit.
Berdasar umur tanaman, pemangkasan terbagi menjadi tiga, yaitu pemangkasan pada pembibitan, pemangkasan tanaman yang belum menghasilkan dan pemangkasan tanaman yang sudah menghasilkan. Sedang dilihat dari tujuannya, pemangkasan dibedakan menjadi empat, yaitu pemangkasan bentuk, pemeliharaan, produksi dan peremajaan.
Bagi sebagian penghobi tabulampot, tanaman buah dalam pot bisa jadi lahan bisnis yang menarik. Dengan perawatan yang cermat, tanaman buah dalam pot mampu menyedot perhatian siapa saja.
Tajuk tanaman yang tak terlalu tinggi dengan disusupi gerombol buah di ujung cabang, apalagi saat dicicipi buahnya, terasa manis dan segar, siapa yang tak kepincut. Jadi jangan heran bila ada tanaman buah dalam pot yang mampu mencapai seharga tiga juta rupiah.

Dikutip dari http://kabartani.com/5-syarat-agar-tanaman-tabulampot-rajin-berbuah.html

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus